7 Tips Merawat Mobil Setelah Perjalanan Jauh

Bagi kamu yang baru saja pulang mudik atau liburan menggunakan kendaraan pribadi terutama, mobil, kamu harus tetap memperhatikan kondisi mobil setelah perjalanan yang jauh.

Barang bawaan yang banyak, pemakaian mobil secara terus menerus, kondisi jalan yang rusak dan lain sebagainya menjadi alasan mengapa kamu perlu mengecek kembali kondisi mobil. Perawatan mobil setelah dipakai mudik atau liburan sebenarnya tidak susah dan tidak jauh dari perawatan rutin.

Namun, kamu disarankan untuk tetap mengecek komponen-komponen seperti rem, kopling, shock, oli dan sebagainya. Tujuannya untuk memastikan kembali kondisi mobil setelah bepergian jauh agar tetap dalam keadaan yang prima.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan pada mobil kamu setelah pulang dari mudik atau liburan.

1. Mengganti pelumas mesin

Pelumas menjadi komponen yang paling sering diganti jika mobil akan melakukan perjalanan jauh. Setelah pulang dari perjalanan, cek kembali jarak tempuh kilometer kendaraan kamu. Tolok ukurnya adalah jarak tempuh, kamu harus mengganti oli jika sudah 5 ribu kilometer. Namun jika masih jauh dari batas pergantian oli, sekitar 2 ribu atau 3 ribu, kamu tidak perlu langsung mengganti oli.

2. Cek kembali cairan radiator

Selama menempuh perjalanan jauh, tentu mesin membutuhkan proses pendinginan yang ekstra pula. Disinilah, kerja radiator sebagai perangkat pendingin mesin sangat berperan. Di saat seperti itu, biasanya cairan coolant yang ada di radiator berkurang. Buka tutup perangkat ini dan bila cairan berkurang segera tambahi. Ingat jangan membuka tutup saat mesin dalam kondisi panas.


3. Cek body mobil

Saat berpergian, mungkin ada saja goresan atau beberapa bagian yang penyok tanpa sepengatahuan kamu. Bisa saja orang lain atau keponakan kamu iseng menggores mobil kamu. Jadi perlu kamu cek setiap bagian body mobil agar tetap terlihat kece tidak ada goresan maupun penyok.

4. Perhatikan kondisi rem

Selama perjalanan jauh biasanya pengemudi sering melakukan pengereman terutama saat keadaan macet. Jadi, setelah perjalanan jauh cek kembali, rem kaki dan rem tangan. Jika ada masalah terkait kekuatan cakraman rem, kamu perlu mengganti kanvas atau minyak rem.

5. Cuci Bersih

Setelah pemakaian jarak jauh, mobil akan terlihat berdebu dan kotor. Sehingga kamu perlu mencuci kendaraan kamu agar siap digunakan untuk beraktivitas kembali. Kamu bisa membawanya ke tempat pencucian mobil atau mencuci sendiri di rumah. Jangan lupa untuk membersihkan kabin mobil agar tetap nyaman setelah dipakai bepergian.

6. Cek kondisi plat kopling

Lamanya usia mobil menjadi alasan mengapa kamu perlu sering-sering mengecek plat kopling. Apalagi ditambah dengan perjalanan jauh yang kamu lakukan. Hal ini akan menyebabkan plat kopling menjadi cepat aus, jadi kamu tetap kontrol kondisi kopling mobil kamu

7. Periksa kondisi roda

Kondisi kaki mobil harus tetap diperhatikan, jika setir mobil terasa kurang nyaman, segera lakukan spooring dan balancing. Cek baut-baut ban dan tekanan angina ban agar tetap aman dan nyaman digunakan setelah perjalanan jauh.

Dengan kembalinya kamu dari perjalanan jauh dari mudik atau liburan, mobil harus tetap dalam kondisi prima. Ditambah jika usia mobil kamu sudah lebih dari 5 tahun, perawatan rutin dan perawatan khusus harus kamu terapkan pada mobil. Kondisi yang baik akan menjadikan mobil kamu tetap aman dan nyaman untuk digunakan dalam keseharian kamu.