Awas Jangan Salah Beli Kaca Film Palsu!

Kaca film sudah seperti komponen wajib yang terpasang pada kendaraan. Namun tak jarang banyak ditemui kaca film dengan merek terkenal tapi ternyata abal-abal.

Agar tak tertipu, ada baiknya simak penjelasan untuk membeda kaca film palsu dan asli berikut ini.

Lianto Winata, Business Development Director PT V-Kool Indo Lestari, mengatakan agak sulit membedakannya, tak bisa hanya lewat warnanya saja. “Kalau warna bisa dimirip-miripin, tapi kalau performance enggak bisa,” terang Lianto.

Ada perangkat khusus yang bisa digunakan untuk mengukur performa kaca film secara spesifik. Alat ini akan mengukur tolak panas (infrared) IRR, tolak UV UVR serta porsi cahaya tampak yang diteruskan yang akan menggambarkan kejernihan kaca film tersebut. 

Lebih lanjut, Lianto menyarankan jika ingin pasang kaca film ada baiknya di outlet resminya. “Jangan pasang di luar outlet resmi, di outlet V-Kool teknisi kami pakai seragam semua, kalau tidak pakai dipastikan bukan outlet resmi,” katanya.

Menurutnya, merek kaca film kelas atas atau premium pasti berikan garansi terhadap produk yang dibeli konsumen dengan mengeceknya secara online. Jika tak ada dipastikan abal-abal.

Lianto juga mengatakan jika ada yang merasa ragu bisa membawanya ke outlet resmi untuk menanyakan status asli atau palsunya.