4 Tips Perawatan Mobil yang Bisa Dilakukan di Rumah Sambil Ngabuburit

Ngabuburit menjadi salah satu tradisi yang kerap dilakukan pada bulan suci Ramadan. Tradisi menunggu berbuka puasa ini biasanya diisi dengan kegiatan berburu takjil, melakukan kegiatan sosial, atau sekadar berkumpul bersama keluarga.

Sayangnya, akibat pandemi Covid-19 kegiatan ngabuburit tidak bisa dilakukan seperti sedia kala. Meski demikian, masih banyak kegiatan bermanfaat lainnya yang bisa dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa di rumah. Salah satunya, melakukan perawatan kendaraan, seperti mobil.

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, intensitas penggunaan mobil menjadi lebih rendah. Hal itu menyebabkan banyak pemilik mobil abai akan kesehatan permesinan hingga kebersihan interiornya. Ramadan kali ini bisa jadi momen Anda mencurahkan perhatian lagi dengan merawat mobil kesayangan.  

Meski tidak memiliki keahlian khusus, Anda bisa melakukan perawatan pada hal-hal yang mendasar, misalnya membersihkan eksterior dan interior mobil atau sekadar mengecek oli mesin dan air radiator.

Nah, berikut ini beberapa upaya perawatan mobil yang sederhana dan bisa Anda lakukan di rumah sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.

1. Mencuci mobil

Bagi Anda yang baru saja bepergian menggunakan mobil. Sebaiknya, langsung mencucinya apalagi saat di perjalanan harus menerjang guyuran hujan.

Tentunya saat berkendara dalam situasi hujan mobil akan lebih kotor dibandingkan saat dikendarai dalam kondisi cuaca cerah.

Selain kotor, air hujan yang mengandung zat asam yang akan memberikan dampak buruk pada komponen kendaraan. Untuk itu, sebaiknya Anda mencucinya langsung setelah Anda juga bisa memoles mobil agar lebih kinclong.

2. Membersihkan interior mobil

Setelah selesai melakukan perawatan pada bodi mobil. Bagian interior mobil juga patut diperhatikan kebersihannya. Gunakan lap atau vakum (penyedot debu) untuk mengangkat kotoran yang ada di permukaan jok, dashboard, doortrim, maupun plafon mobil.

Selain itu, pastikan mencuci bersih bagian karpet mobil. Buang semua sisa-sisa bungkus makanan yang mungkin masih tertinggal di dalam mobil. Bila dibiarkan, sampah di dalam mobil bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Supaya lebih nyaman saat berkendara, Anda juga bisa menaruh parfum khusus mobil.

3. Cek kondisi oli mesin dan air radiator

Setelah melakukan perawatan pada bodi dan interior mobil. Selanjutnya Anda bisa mengecek kondisi oli mesin, ketinggian air pada radiator, aki, hingga washer wiper.

Jika berkurang segera tambahkan oli dan air yang sesuai untuk masing-masing kebutuhan. Jika ragu tidak ada salahnya Anda membaca buku manual sebagai panduan.

4. Cek kondisi velg dan ban

Selanjutnya, Anda bisa melakukan perawatan di bagian velg dan ban. Anda bisa mengecek kondisi velg, terutama setelah melewati jalan berlubang. Perhatikan pula kondisi ban. Teliti ban, apakah ada bagian yang robek atau benjol dan cek tekanan anginnya.

Agar lebih akurat dalam mengecek tekanan angin, Anda bisa menggunakan tire gauge. Jika kurang Anda bisa menambah tekanan angin menggunakan pompa. Apalagi saat ini, banyak produk pompa ban elektrik yang bisa menambah tekanan angin secara otomatis.

Terakhir, agar ban terlihat lebih kinclong Anda bisa memolesnya dengan semir ban. Alatnya pun cukup sederhana Anda hanya butuh kuas untuk meratakan semir ban agar terlihat hitam mengkilap.

Sumber: Gridoto.com