5 TIPS aMAN BERKENDARA SAAT HUJAN

Tidak dapat dipungkiri, salah satu musuh utama pengendara adalah hujan. Berkendara mobil saat musim hujan bisa jadi sangat menakutkan sekaligus berbahaya.

Kondisi jalan yang licin, drainase yang kurang bagus, maupun curah hujan yang tinggi, ditambah lagi kondisi jalan yang tidak mulus, menjadi kendala tersendiri bagi pengendara. Belum lagi situasi lalu lintas yang padat dan pandangan atau visibilitas yang terhalang menjadi tantangan tersendiri yang harus diantisipasi.

Berikut cara aman mengendarai mobil pada saat hujan dan pastikan perjalanan Anda menjadi aman dan nyaman sampai tujuan.

 

1. Pastikan Tekanan Udara pada Ban Normal

Memastikan ban mobil dalam keadaan normal ini adalah suatu keharusan tentunya, terlebih lagi pada saat musim hujan, untuk mengantisipasi hujan turun di tengah perjalanan Anda. Tekanan udara dalam ban ini penting untuk menghindari mobil melayang saat dikemudikan dan membuat kendaraan tergelincir.

Perlu diperhatikan, jangan mengambil risiko dengan menggunakan ban mobil yang sudah tipis. Sebab ban yang menipis itu akan mudah membuat mobil tergelincir, bukan hanya pada saat kondisi hujan, tapi juga pada cuaca normal atau panas.

 

2. Jangan Sampai Pandangan Terhalang

Kendati Anda sudah terbiasa dan percaya diri menempuh perjalanan dalam kondisi hujan, namun tetap saja mengantisipasi segala hal kemungkinan yang tidak diharapkan juga perlu diperhatikan. Ingat, berkendara bukan hanya tergantung kepiawaian, tapi juga kehati-hatian dan persiapan yang diperlukan itu sangat penting.

Untuk itu, perhatikan cara aman berkendara pada saat hujan adalah dengan memperhatikan jangan sampai pandangan Anda terhalang. Cara yang bisa dilakukan adalah membersihkan kaca mobil di bagian depan dan kaca bagian belakang dari berbagai kotoran yang menempel.

Selain itu gunakan kaca film berteknologi tinggi dengan tampilan yang bening, seperti VK70. Pasalnya, tidak ada film lain yang bisa mentransmisikan cahaya dan menolak panas sebaik dan semaksimal V-KOOL. VK 70 memiliki penerusan cahaya tampak tertinggi dibanding kaca film lainnya. Sehingga, Anda bisa menikmati pemandangan yang leluasa dan visibilitas yang baik pada siang atau pun malam hari.

 

3. Periksa Kondisi Semua Lampu Mobil

Lampu mobil saat hujan jadi media untuk mendeteksi obyek yang ada di depan kita sekaligus memperjelas pandangan pengendara. Cara aman berkendara mobil saat hujan adalah memastikan kondisi semua lampu mobil berfungsi dengan baik.

Lampu yang perlu dicek adalah lampu besar (head lamp) jarak dekat dan jauh, lampu sign (tanda) dan lampu darurat. Semua lampu itu punya fungsi masing-masing saat hujan.

Bagian-bagian yang harus dicek adalah pelindung lampu, apakah dalam kondisi bersih dari debu dan kotoran atau tidak karena bisa mengurangi efektivitasnya.

Lalu cek bagian arah lampu, misalnya headlight agar lebih jelas dalam melihat sekitar dan orang lain melihat kendaraan Anda. Jangan sampai headlight yang Anda gunakan malah mengganggu penglihatan pengendara lain. Ketika hujan, pengendara lain dan juga Anda mengalami gangguan yang sama.

 

4. Jaga Jarak Kendaran lebih Jauh dibanding saat Cuaca Normal

Saat kondisi hujan, selain licin, konsentrasi terganggu, juga jarak pandang menjadi terbatas. Apalagi bila Anda kebetulan mengendarai mobil pada malam hari, atau memang siang hari namun hujan lebat membuat suasana menjadi gelap. Maka kondisi ini membuat Anda juga harus lebih berhati-hati dalam berkendara.

Menjaga jarak kendaraan di atas jarak normal menjadi salah satu tindakan yang tepat selama berkendara ketika hujan. Biarkan mobil di depan Anda menjauh dengan jarak sekitar 6 detik dari mobil Anda, atau hingga di luar jarak pandang Anda.

 

5.Hindari Berkendara di Tepi Jalanan

Pada musim hujan, jalanan biasanya mudah keropos dan rusak. Sedangkan struktur jalan biasanya juga tidak selalu sama, makin ke pinggir makin tidak rata dan mudah rusak. Cara mengantisipasi kondisi jalan seperti ini adalah hindari berkendara di bagian sisi tepi jalan.

Bagian pinggir jalan tersebut strukturnya lebih rendah dibanding bagian tengah jalan. Saat kena air hujan dan kondisi jalanan basah, seringkali timbul genangan air apalagi jika hujannya deras.

Untuk menghindari genangan air tersebut, pilih bagian tengah jalan karena pada bagian ini biasanya lebih kering atau tidak terlalu dalam genangannya. Terlalu ambil pinggir jalan saat melintasi jalanan dalam kondisi basah juga berpotensi membuat kendaraan Anda selip atau terperosok keluar jalan, apalagi jika marka pembatas jalan tidak terlalu jelas terlihat.