5 Cara Mengurangi Silau Matahari Saat Mengemudi

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir silau ketika berkendara di terik matahari.

 1. Kenakan Kacamata Polarized

Sebagian besar dari kita memiliki setidaknya satu kacamata hitam toko swalayan yang harganya kurang dari secangkir kopi. Sayangnya, ini bukan kacamata yang akan memberi Anda perlindungan silau terbaik. Kacamata hitam yang telah terpolarisasi (polarized) sering digunakan oleh mereka yang menyukai olahraga air atau memancing, karena kemampuannya menyaring sinar yang keras yang terpantul dari air. Kaca mata ini cukup efektif selama banyak aktivitas di luar ruangan (siang hari) dan mungkin membuat Anda tidak terlalu memicingkan mata sehingga Anda tidak dapat melihat jalan di depan Anda.

 2. Bersihkan Kaca Depan Anda

Meskipun debu dan kotoran yang berangsur-angsur menumpuk di kaca Anda mungkin tidak tampak seperti masalah besar, hal itu cenderung menjadi lebih jelas dan merugikan begitu matahari menyinari kaca! Bantulah diri Anda sendiri dan berusahalah untuk menjaga kaca depan Anda tetap bersih, bebas debu.

 3. Perbaiki Goresan dan Retak di Kaca Depan Anda

Selain bersih, kaca depan Anda juga harus mulus dan bebas dari ketidaksempurnaan. Goresan dan retakan tidak hanya membuat kaca Anda kurang aman secara struktural, tetapi sinar matahari yang memantul dari semua tepi yang pecah berpotensi menimbulkan cahaya yang menyilaukan.

 4. Hindari Benda Berkilau Di Dasbor

Ada banyak alasan mengapa Anda tidak boleh mengemudi dengan benda-benda yang mengacaukan dasbor Anda, yaitu hal-hal yang akan terbang ke wajah Anda jika terjadi kecelakaan. Alasan besar lainnya untuk membuatnya tetap jelas adalah bahwa objek yang berkilau akan membuat lebih silau untuk dinavigasi bola mata Anda saat perjalanan pagi dan sore hari. Jika dasbor Anda mempunyai warna mencolok, Anda mungkin dapat membeli semacam penutup dasbor, yang juga akan membantu mengurangi  silau.

 5. Pakai Kaca Film

Meskipun mobil Anda sudah disertai penghalang matahari (sun shade), terkadang kekokohannya terbukti kontraproduktif. Tetapi menarik pelindung Anda sepenuhnya ke bawah bisa berarti tidak dapat melihat sama sekali. Inilah saatnya untuk berinvestasi pada kaca film yang akan memberi Anda banyak manfaat. Penolakan panas dan pengurang silau adalah manfaat utama dari pemakaian kaca film. Pilihlah kaca film yang bisa menolak panas dan berkualitas terbaik seperti V-KOOL.
Karena V-KOOL mempunyai teknologi tercanggih kaca film saat ini dan produk terbaik yang tersedia di pasaran.

Terlalu banyak kecelakaan terjadi karena ketidakmampuan pengemudi untuk melihat silau matahari masa lalu. Jaga keamanan diri Anda dan orang yang Anda cintai dengan memastikan bahwa visi Anda sejelas mungkin, setiap kali Anda mengemudi! (***)